Bapelkes Cikarang
  • Languages
<

Artikel

Pembukaan Pelatihan Calon Pembimbing Lapangan Program Studi Dokter Layanan Primer di Fakultas Kedokteran Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada

Pelatihan Calon Pembimbing Lapangan Prodi Dokter Layanan Primer Tahun 2017 telah dibuka pada Senin, 25 September 2017 yang bertempat di Fakultas Kedokteran (FK) Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada (UGM). Pembukaan dihadiri oleh Kepala Puslat SDM Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Pelatihan Teknis dan Fungsional, Bapak Nusli Imansyah, SKM, M.Kes, Kepala Bapelkes Cikarang  diwakili oleh Kepala Pengendalian Mutu  Ibu Verawti Lenny, SKM, MKM  dan Bapelkes Semarang diwakili dan Bapak Rasa Harbakti, SKM, M.Kes. Pengendali pelatihan turut hadir dalam pembukaan adalah dr. Arum Wiratri dan dr. Ninne Lutansa. Pelatihan dibuka oleh Dekan FK UGM yang diwakili oleh Prof. Mustofa. Proses pembukaan berlangsung khidmat. Untuk Informasi penyelenggara Pelatihan Calon Pembimbing Lapangan Prodi Dokter Layanan Primer Tahun 2017 adalah Bapelkes Cikarang dan Bapelkes Semarang.

Peserta Pelatihan Calon Pembimbing Lapangan Prodi Dokter Layanan Primer Tahun 2017 berjumlah 44 orang yang berasal dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas di wilayan Jogjakarta, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bali dan Lampung.

Pelatihan Calon Pembimbing Lapangan Prodi Dokter Layanan Primer Tahun 2017 dilaksanakan selama 3 bulan (on-off) dimana peserta akan mendapatkan pembelajaran selama 13 hari di FK UGM yang terbagi dalam 2 kali tatap muka, 14 hari di Rumah Sakit yang menjadi jejaring FK UGM dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam 1 kali tatap muka dan selebihnya proses pembelajaran dilakukan oleh masing-masing peserta di Puskesmas tempat asal peserta (work based  place learning)

Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan peserta mampu melaksanakan pembimbingan materi dasar di fasilitas kesehatan tingkat pertama sesuai dengan standar pendidikan dokter layanan primer meliputi pelayanan dengan pendekatan yang berpusat pada pasien dan berorientasi pada keluarga, keterampilan klinis yang menekankan pada pencegahan, diganosis komunitas, perencanaan dan evaluasi program kesehatan serta kolaborasi interprofesional untuk pelayanan berkualitas tinggi.

Semoga Pelatihan Pelatihan Calon Pembimbing Lapangan Prodi Dokter Layanan Primer membawa angin segar sejalan dengan Program Indonesia Sehat Kementerian Kesehatan dan ruh semangat Nawacita kelima : meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

leave a comment