Bapelkes Cikarang
  • Languages
<

Artikel

Pembukaan Pembekalan Pelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual Angkatan I dan II

Senin, 24 September 2017 dilaksanakan Pembukaan Pembekalan Pelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individul Angkatan I dan II di Bapelkes Cikarang.

Pembekalan Pelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individul  dibuka secara resmi oleh Bapak Drs. Zaenal Komar, Apt, MA  Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Jakarta mewakali kepala Badan PPSDM Kesehatan.

Dalam sambutannya Bapak Drs. Zaenal Komar, Apt, MA  menyampaikan bahwa Puskesmas sebagai salah-satu fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama (FKTP) memiliki kekhususan dibandingkan dengan FKTP lainnya. Beberapa hal yang merupakan kekhususan dari Puskesmas antara lain : melaksanakan upaya kesehatan masyarakat UKM dan UKP tingkat pertama serta memiliki konsep wilayah. Dengan kekhususan ini, tentu diperlukan manajemen yang baik di dalam mengelola seluruh upaya yang dilakukan, seluruh potensi dan sumber daya yang ada di Puskesmas. Kondisi tersebut telah diatur pada Peraturan Menteri Kesehatan No.75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

 

Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan dalam Mendukung Program Nusantara Sehat merupakan pendayagunaan secara khusus tenaga kesehatan dalam kurun waktu tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Puskesmas dengan kriteria terpencil atau sangat terpencil terutama di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK).

Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan salah satunya dilakukan melalui penugasan khusus tenaga kesehatan individual untuk memenuhi kebutuhan SDM Kesehatan pada pelayanan kesehatan di Puskesmas.Tenaga kesehatan yang ditempatkan di DTPK harus dipersiapkan agar dapat memahami tugas dan fungsi nya sehingga dapat melaksanakan tugas sesuai kompetensi dan kewenangannya di Puskesmas.

Selain itu juga harus siap siaga mengahdapi tantangan sesuai dengan kondisi wilayah DTPK.

Pada pelaksanaan Pembekalan Pelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual di Puskesmas ini menggunakan nilai-nilai yang mendasari, yaitu:

  1. Pembekalan ini menerapkan prinsip pembelajaran orang dewasa, dengan karakteristik :
  • Setiap orang dewasa memiliki cara dan gaya belajar tersendiri dalam upaya belajar secara efektif.
  • Kebutuhan orang untuk belajar adalah karena adanya tuntutan untuk mengembangkan diri secara professional
  • Proses pembelajaran melalui pembekalan diarahkan kepada upaya perubahan perilaku dalam diri manusia sebagai diri pribadi dan anggota masyarakat.
  • Memperhatikan penggunaan metode dan teknik yang dapat menciptakan suasana partisipatif.
  1. Proses pembekalan memanfaatkan pengalaman peserta dalam melakukan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual di Puskesmas dan digunakan pada setiap tahap proses pembelajaran.
  2. Berorientasi kepada peserta, yaitu bahwa peserta berhak untuk:
  • Mendapatkan satu paket bahan belajar yaitu modul pembekalan untuk meningkatkan keterampilan dibidang Penugasan Tenaga Kesehatan Individual di Puskesmas

 

  • Menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki masing-masing dalam proses pembelajaran, serta melakukan peningkatan agar sesuai dengan kompetensi pengelola puskesmas
  • Mendapatkan pelatih profesional yang dapat memfasilitasi, menguasai materi dan dapat memberikan umpan balik yang konstruktif
  • Melakukan refleksi dan memberikan umpan balik terhadap pembelajaran yang dijalani
  • Melakukan evaluasi (bagi penyelenggara maupun fasilitator) dan dievaluasi tingkat kemampuan peserta dalam bidang manajemen Puskesmas
  1. Proses pembelajaran lebih banyak memberi pengalaman melakukan sendiri secara aktif fungsi sebagai tenaga kesehatan atau menggunakan metode “learning by doing

 

Diharapkan Setelah mengikuti pembekalan ini, peserta berperan sebagai tenaga kesehatan yang akan melaksanakan penugasan khusus individual di Puskesmas pada lokasi yang ditetapkan sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

 

 

Pelatihan ini diselenggarakan selama 10 hari yaitu dari tanggal 24 September – 04 Oktober 2017. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan yaitu  Angkatan I ( 26 orang Peserta) dan Angkatan II (24 Orang Peserta). Peserta Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual akan ditempatkan  di Provinsi Kalimantan Timur dan Kepulauan Riau,

 

 

leave a comment